Makalah Amtsal Dan Aqsam Al-Qur’an

Al-Qur’an diturunkan dalam bentuk bahasa Arab, sebab masyarakat yang dihadapi pada masa itu adalah masyarakat Arab. Ketika mereka menerima pemberitaan ini, tentunya ada yang percaya dan mengimani sepenuh hatinya, tetapi tidak menutup kemungkinan juga ada yang mengingkari dan tidak mau mempercayai kebenaran Al-Qur’an.

Bahasa Arab pertama sekali dikenal sebagai bahasa orang-orang di Jazirah Semenanjung Arabia, kemudian setelah datangnya Agama Islam dikenal pula sebagai bahasa agama sebab Al-Quran sebagai pedoman hidup kaum muslimin itu dituliskan dalam bahasa Arab yang sangat indah susunan dan rangkaian kalimatnya.

Dalam Al-Qur’an banyak terdapat ayat-ayat yang menceritakan hal-hal yang samar dan abstrak. Manusia tidak mampu mencernanya jika hanya mengandalkan akalnya saja. Sehingga sering kali ayat-ayat tersebut diperumpamakan dengan hal-hal yang konkret agar manusia mampu memahaminya.

Bermacam-macam uslub dalam Al-Qur’an ditujukan untuk memikat hati mereka, agar mereka tertarik untuk menerima kebenaran wahyu. Di antara uslub yang dipergunakan di antaranya amtsal dan aqsam, untuk memperkuat kebenaran berita yang akan disampaikan kepada manusia. Untuk memahami itu semua maka ulama’ tafsir menganggap perlu adanya ilmu yang menjelaskan tentang perumpamaan dalam Al-Qur’an agar manusia mampu mengambil pelajaran dengan perumpamaan-perumpamaan tersebut. Karena itulah penulis mencoba menjelaskan tentang ilmu tersebut, yaitu uslub Al-Qur’an yang terdiri dari amtsal dan aqsam dalam Al-Qur’an.

wnload”>Download Pdf

 

 

 

Menu Makalah

 

 

Makalah Amtsal Dan Aqsam Al-Qur’an

Zuket Creation


Make Difference One 4 All


Post navigation


WhatsApp chat